Rabu, 28 Desember 2011

Manusia Setengah Salmon




Gue baru aja beli buku @radityadika yang baru, Manusia Setengah Salmon.
Sampenya di rumah, adik gue langsung buka tuh buku, lalu berkomentar, "Ini mulutnya gak banget!" dan gue juga dengan bodohnya malah mencoba colok-colok telunjuk gue ke cover buku, tepatnya arah mulut (kali aja jari gue dimakan-_-). Setelah itu, adik gue ngebuka halaman secara acak, dibaca, dan akhirnya ketawa sendiri.


Gue sang empunya buku itu pun minta bacain, "Jika saya memasukkan Kalpanax ke dalam sup jamur, apakah sup tersebut akan lenyap?". Ya itu kalimat pertama yang adik gue bacain, ada di bab yang berjudul 'Hal-Hal yang Tidak Seharusnya Dipikirkan tapi Entah Kenapa Kepikiran' dan emang bener, gue suka kepikiran -_-

Lalu pada akhirnya gue baca juga tuh buku.


Isi bukunya, seperti biasa berunsur komedi, menghibur. Dan gue melihat ada sesuatu yang beda di isi bukunya, tapi gue gak tau pasti apa yang beda itu.
Tiap bab bukunya sangat menarik. Ada yang komedi, ada yang galau, dan berisi quotes dan beberapa kutipan isi buku yang ngena banget.


Bab yang paling gue suka adalah 'Bakar Saja Keteknya'. Tentang supirnya radit yang 2 tahun lalu masih bau badan. Gue paling suka di bagian analogi,
" 'bapak tahu bunga bangkai gak?'
'bunga yang bau itu? Tahu.'
'nah, gimana sih caranya supaya bunga itu enggak bau lagi?'
'dibakar aja bang!' "
Kalau mau tau adegan lebih lengkapnya coba beli bukunya. Dijamin menghibur!

Selain bab itu, ada juga bab yang bikin gue err...berpikir. Kayanya gue akan termasuk jomblo perak juga! Gue terlalu banyak milih sih ya... Sebenarnya baru 16taun sih-,-gue pengennya sama kakak:( (malah curhat). Judul bab-nya adalah 'Tarian Musim Kawin'

Overall, buku ini keren! Ada yang beda, dan gue gak tau pasti apa yang beda, mungkin gaya tulisannya? Gaktau deh. Bab-bab tiap bukunya ada yang ngebuat ketawa ngakak (yang untungnya baca di kamar sendirian bukan di tempat umum), ada juga yang ngebuat otak berpikir dan hati terenyuh:")
Inti masalah dari isi buku #mss ini mengenai perpindahan. Perpindahan bau, perpindahan rumah, sampe perpindahan hati...

Akhir post ini gue mau ngasih 2 kutipan yang ada di #mss yang lagi gue banget
"Naksir diam-diam itu komidi putar. Seakan berjalan, tetapi sebenarnya tidak ke mana-mana." - Manusia Setengah Salmon, bab 'Penggalauan'

"Putus cinta sejatinya adalah sebuah kepindahan. Bagaimana kita rela untuk pindah, kadang kita dipaksa untuk pindah oleh orang yang kita sayang, kadang bahkan kita yang memaksa orangtersebut untuk pindah. Ujung-ujungnya sama: kita harus bisa maju, meninggalkan apa yang sudah menjadi ruang kosong." - Manusia Setengah Salmon, bab 'Sepotong Hati di Dalam Kardus Cokelat'

Sekian :)
ps : Happy Birthday juga ya buat bang Raditya Dika :D makin sukses dan laris bukunya... Makin kocak juga di standup comedy-nya ya :D
-arrrti/ @rrrtsapari -
Published with Blogger-droid v1.7.4