Jumat, 05 November 2010

suka duka membuat script

oke script/ skenario :)

saya akan bercerita tentang perjalanan saya membuat script--

Bekerja di dunia perfilm-an memang salah satu dari sekian banyak cita-cita yang saya inginkan. Menjadi penulis pun salah satu di dalamnya. Maka saat guru bahasa inggris saya berkata "Make a film. Narative madness." (mungkin) saya satu-satunya orang disana yang merasa senang. OKE saya senang!! Saya sangat amat semangat untuk melakukan hal itu! Mungkin sangat semangat.

Oke, saya mulai membentuk kelompok *yang tidak perlu disebutkan siapa saja karena saya ingin menceritakan diri saya, egois? sekali-kali saya ingin itu.* Kami mengambil jenis cerita TALL TALES yang artinya cerita yang mungkin aja bisa terjadi di dunia nyata ini. Dan cerita yang akan kami ubah semaunya adalah KNOWING. Ide dasar yang akan kami jadikan sebuah film. Coba saja kalau miss T menyuruh membuat ceritanya asli sendiri tidak perlu mengadaptasi cerita yang sudah ada, saya akan mencoba memfilm-kan salah satu cerita saya yang pasti durasinya kurang dari 10 menit :)

Kami kalang kabut memikirkan "Gimana ih scriptnya?" hem mungkin lebih tepatnya bukan kami tapi hanya beberapa orang *baca 1-2 orang* oke mungkin saking obsesinya saya ingin menjadi seorang yang bekerja di usaha perfilm-an, saya bilang, "Aku aja yang buat, ntar jadi hari Rabu tenang aja." OK saya memang berjanji dan itu bukan janji buta. Mengapa saya ingin membuatnya? pertama, saya merasa saya bisa membuatnya dan sekali-kali saya ingin menjadi seorang DOMINAN di suatu tempat atau setidaknya saya ingin menjadi panutan dan ada orang yang berkata, "Ih liat yang arti bagus." hal yang manusiawi menurut saya. Pasti sesekali anda ingin juga seperti ini, walau hanya sekali pasti pernah! Tapi entah bego, kurang beruntung, atau sial? Saya salah memilih, yang akan dikatakan bagus prediksi saya adalah seorang yang dominan padahal kalian harus taulah yang asli original itu siapa? Saya bukannya ingin membongkar suatu permasalahan yang saya sering pikirkan dan mungkin saja salah satu diantara kalian kenal dengan yang saya maksud dan memberitahukannya atau parah *atau beruntung?* si orang yang saya maksud membacanya, tapi inilah yang saya pikirkan. Seakan-akan otak saya sudah menyetting kalau

"SI DOMINAN AKAN MEMIMPIN WALAU ISI OTAKNYA SEKECIL KACANG HIJAU ATAU SEPERTI OTAK UDANG."

Saya berbohong jika saya berkata, "Bukannya saya ingin dianggap atau dihargai." Tapi saya memang ingin HASIL KERJA SAYA ITU DIANGGAP DAN MEMANG DIHARGAI.

Saya sadar saya sudah melenceng dari topik -_- tapi biarkanlah karena blog saya adalah diary dan isi karya-karya saya :) yang memang asli saya buat.

Back to topic, setelah saya setuju dan berjanji, pada setiap malam kalian tau apa yang saya lakukan? Saya mengerjakannya dengan ikhlas tapi tetap rasa ingin dihargai itu selalu muncul --' Pernah kami mengerjakan script itu bersama dan untungnya saya baru mengerjakan script 3 halaman, dan kami merombak semua jalan ceritanya. Ya gapapalah makasih buat icha yang ngebuka ide saya lebih lebar lagi :D kami mengerjakannya dan cuma selesai 4 halaman *read : gue ngetik sama ngasih ide sama icha juga, yang laen juga sih tapi entah gue yang egois gue gasuka ide mereka. why? terlalu sinetron." Ya ujung-ujungnya sih saya lagi yang mengerjakan. Kalian harus tahu kalau saya memang mengerjakannya.

Lalu pada hari Senin saya bertanya, "Kalian bikin masalahnya mau apalah? Supaya gampang, da kalo aku yang bikin mah takut gabisa diperagain." Oke mengapa? Karena saya berfikir pengen bisa bikin film ACTION, maka yang terjadi dalam pikiran saya ya you know lah -_- fighting, tembak-tembakan menggunakan senapan laras panjang-pendek-senapan berperedam,dll. Apa kalian bisa mempraktekannya? Untuk orang profesional bisa, nah saya yang awam? Oh shyt! Back to topic, setelah saya bertanya jawabannya gaada yang bener maka saya mencoba berfikir lebih sempit lagi agar bisa diperagakan.

Rabu dan naskah memang sudah jadi!! Jadi 100persen hey, naskah saya buat 1 minggu sendirian dan masa pernah suatu hari sebelumnya ada yang bilang, "Ih susah atuh ngapalin semuanya?" Terus saya bilang, "Susah mana sama yang bikin?" saya pun pergi dan si orang SIALAN itu sangat jelas berkata padahal sangat pelan suaranya, "Susah ngapalin atuh bikin mah gampang." ah ****** pisan bray! OTAK LU TERLALU BEKU, JADI BUAT NGAPALIN NASKAH SEGITU SUSAH! LU BISA NGAPALIN DENGAN 1 HARI, BIKIN NASKAH 1 HARI LU BISA? YAKIN IDE AJA LU GAAKAN ADA KARENA LU KERJAANNYA NYONTEK!

-maaf sepertinya katakata diatas sebaiknya diabaikan takut kontroversial dan masuk tipi #lebe-

Oke pokonya buat naskah itu gampang kalo lagi MOOD, susahnya buat saya :

- kadang males dan malah ol bukannya menghampiri mword tapi malah buka flock/opmin/mozilla/googlechrome

- susah buat memperkirakan waktu yang pas, soalnya kalo lagi mood semua bisa keluar dan kelewat batas -___-makanya saya curiga naskah saya bisa lebih dari 10 menit.hh

- bakal BT terus. Kenapa? ya you know lah, saya gasuka keadaan ricuh kalo lagi mood bikin suatu maha karya.

- Ngatur kata-kata pake bahasa inggris sedangkan inggris saya kacau

- dan alasan unik lainnya.

Ya itulah suka dukanya membuat script, sukanya saya punya pengalaman dan malah berfikir "Mending kali-kali bikin script film jangan cerpen/fict mulu biar lumayan kalo disuruh udah ada."

ahahaha pokonya rame dan di project ini saya ingin saya yang jadi directornya bukan dia :( karena saya yakin dalam hal ini saya bisa lebih dari kalian yang dalam akademik bisa lebih dari saya :) Maap yeh egois, da emang saya ingin seperti itu.

di project ini saya ingin nge direct film ini karena saya yang ngebuat skenario maka saya yang tau isi pikiran saya yang ada dibayangan saya #semogabukanmimpisemata

sekian, maaf kalo jadi FRONTAL. yang ngerasa maap yak! da saya lebih senang menulis dan tulisan ini membuktikan kalau saya PUNYA MASALAH DAN TIDAK MENYEPELEKANNYA!!

#frontak lagi si gue -_-

yaudah pokonya postingan yang ini paling frontal dan gila pisan!!

doakan agar saya bisa menyelesaikannya dengan hasil yang sangat memuaskan :)

-neARTI-